• FEATURED POSTS
  • HIDE FEATURED POSTS
Scroll to Top

Kamis, Desember 19, 2013

Honda CB150R StreetFire Canggih, Irit, dan Advance

Hai selamat datang gan. Setelah lama gak posting, akhirnya saya punya waktu untuk kembali update artikel dalam blog ini. Dan kali ini saya akan membahas tentang Tantang Nyalimu: Honda CB150R StreetFire Motor Canggih, Irit, dan Advance. Mudah-mudahan saya masih ingat cara menulis blog he he.

Penjelasan : Tantang Nyalimu, Canggih, Irit, Dan Advance

Ngomong-ngomong tentang Honda Cb150R StreetFire, ada yang tau gak, kenapa Honda CB150R StreetFire taglinenya "Tantang Nyalimu"? Jawabannya adalah bukan karena ingin uji nyali dengan makhluk halus loh ya. Buat para Free Styler, Biker, dan Honda lover pasti tau nih jawabannya. Coba deh lihat poster di bawah ini dengan baik-baik. Jangan dilihat doang, sebaiknya baca juga :D

poster cb150r streetfire
Berdasarkan poster di samping yang saya tangkap sih Honda CB150R StreetFire  memberi tantangan kepada masyarakat untuk mencoba kehebatan CB150R StreetFire. Bahkan denger-denger menantang para free styler untuk mencari kelemahan Honda tipe yang satu ini dan menguji ukur tenaga mesin motor ini dengan dynamometer.

Oh gitu ya, terus hasilnya gimana waktu pengujian CB150R StreetFire dengan dynamometer pada ajang tantangan tersebut? Hasilnya adalah Honda CB150R StreetFire telah terbukti sukses sebagai motor sport yang bertenaga powerful dengan tenaga maksimum 16 Hp.

Hah 16 Hp ? Hp = handphone ? Bukaannnn, dasar gadget maniak !  Yang dimaksud Hp di sini adalah Horse power alias Tenaga kuda. Yaitu dalam 1 Tenaga kuda setara dengan 735,5 watt. Jadi 16 Hp adalah 11.767,98 watt. Wah berarti Honda CB150R StreetFire memang hebat dan powerful ya?  Iya. Lihat lagi nih sebuah iklan yang saya temukan waktu blogwalking di BLOGdetik.

iklan
Baca tuh baik-baik. Ternyata ada 3 fakta utama pada Honda CB150R StreetFire yang membuat dengan PEDEnya motor ini menggunakan tagline itu :
  1. 100% MotoGP Bermesin DOHC
  2. Performa Superior, Bensin Tetap Irit
  3. Rangka Trellis Standar Motor Kelas Dunia.
Yuk kita bahas satu per satu gan, biar kita tau terus ketularan PEDE deh.
Canggih
Mulai dari yang nomor satu, yaitu 100% MotoGP Bermesin DOHC. Memang bener sih gan kebanyakan MotoGP menggunakan mesin DOHC. Terus yang perlu kita cari tau adalah DOHC itu apa ? OK, DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshatf ( head ganda ). Kalau head-nya tunggal, namaya SOHC alias Single Over Head Camshaft. Nah Honda CB150R StreetFire ini ternyata sudah menggunakan mesin DOHC sama dengan MotoGP. Jadi bisa dibilang sekelas lah canggihnya.

Irit
Lanjut yang nomor dua, yaitu Performa Superior, Bensin Tetap Irit. Kita sudah tau bahwa DOHC mempunyai jumlah head ganda, berarti bekerjanya mesin juga lebih banyak. Tenaga yang dihasilkannya pun juga lebih kuat, otomatis performanya jadi superior dong. Namun sehingga timbul pendapat bahwa mesin DOHC boros akan bensin. Namun hal itu tidak berlaku untuk Honda CB105R StreetFire. Karena apa? Coba tebak ! Ah lebih baik dengerin pakarnya saja nih,
Eijiro Asakawa -Chief Engineer of Honda RnD Asia Tenggara.
"Meski menggunakan basis mesinnya menggunakan CBR150R. Tapi, ada bagian yang tidak sama persis. Seperti gear rasio, timing valve untuk mengejar pemakaian dalam kota.Konsumsi BBM mencapai 36 kilometer per liter."
Advance
Dan yang nomor tiga, Rangka Trellis Standar Motor Kelas Dunia. Agan-agan tau gak kalau rangka trellis kebanyakan dipakai oleh moge-moge Eropa yang sudah terkenal mendunia. Mau saya sebutin apa saja merknya? Wani piro, hehe.

trellis
Rangka Trellis adalah yang bentuk desainnya seperti pipa-pipa gitu deh. Secara kasat mata saya pribadi sih, besi-besinya terlihat melindungi mesin lebih kuat dan lebih aman, terutama kalau sedang jatuh. Nah Honda CB150R StreetFire juga ikut memakainya loh. Jadi Honda CB150R StreetFire ini disamping sudah canggih, irit, kelas dunia, dan ternyata masih banyak lagi loh kelebihan-kelebihan lainnya. Pokoknya semua fitur terbaru dan teknologi termodern ada deh di motor ini. ( Ok deh ntar saya akan bahas satu persatu di bawah )  Mungkin inilah gan yang disebut fitur advance-nya.
***
Jadi sekarang sudah tau dong gan apa maksud taglinenya. Adakah agan pembaca blog ini yang berani dan punya nyali untuk mencobanya? Sudah ditantangin tuh, katanya begini, "YAKIN MOTOR LO LEBIH HEBAT DARI CB150R STREETFIRE, BIKTIKAN NYALIMU. PRIA PUNYA NYALI GAK CUMA ASAL NGOMONG !" Merasa tertantang dan ingin segera membuktikannya? Buruan beli !

Sebelum beli, agan harus tau dulu dong tentang desain, spesifikasi, fitur, dan varian warnanya apa saja. Biar tidak dikatain orang "Seperti membeli kucing dalam karung". Tapi tenang gan, di sini saya akan menjelaskan semuanya dengan sangat lengkap. Bahkan kalau perlu sampai ke harganya segala.

Tentang Honda CB150R StreetFire

Mulai Dari yang Pertama, Kita Bahas Tentang Profil Motor Ini.
kartu nama
  • Nama : Honda CB150R StreetFire.
  • Pertama kali ditunjukan pada tanggal 31 Oktober sampai 4 November 2012 pada ajang Jakarta Motor Cycle Show ( JMCS ).
  • Resmi dipasarkan pada tanggal 12 Desember 2012.
  • Konsep produk: Naked-Sport, Performa Tinggi.
"Memberikan kesenangan untuk memiliki model sport desain terbaru dengan performa mesin melimpah berbasis CBR150R."
Kalau dilihat dari sudut pandang biologi hehe, motor ini berjenis kelamin laki-laki yang jantan. Memiliki bentuk fisik yang garang namun tampan. Hobi sport. Arogan dan sombong namun sesuai dengan kemampuannya. Oh ya Honda CB150R StreetFire ini juga memiliki hubungan keluarga dekat dengan CBR150R, ya adik-kakak gitu lah :D

Fakta Lain Tentang  Honda CB150R StreetFire
tv

Lihat berita di TV yang lagi Breaking News dulu gan. Diberitakan bahwa Honda masih menguasai pangsa pasar.

Eh loh tapi Breaking News nya kok sebentar doang, pembawa acaranya justru nyuruh pemirsanya mengunjungi blog saya untuk mengetahui berita selengkapnya. Waduh, ya sudahlah apa boleh buat. Di sini saya akan kasih berita selengkapnya.

Jadi ceritanya gini gan, berdasarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor atau biasa yang disebut AISI, sepanjang tahun 2013 ini pangsa pasar motor masih dikuasai oleh Honda, yaitu mencapai 60,12 persen.

Loh itu kan fakta tentang Honda secara keseluruhan. Nah fakta tentang CB150R SteetFire nya apa ?!!. Sabar dulu dong gan, saya kan ngomongnya belum selesai. Tapi ya sudah lah, ini dengerin sendiri saja kata orang dalam PT. AHM,
Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division PT. Astra Honda Motor ( AHM ),"Lonjakan penguasan pangsa motor honda di segmen motor sport nasional karena adanya penerimaan yang positif terhadap dua produk motor sport honda yaitu Honda CB150R StreetFire dan Honda Verza 150. AHM mencatat hasil penjualan bulan lalu Honda CB150R StreetFire mencapai 14.521 unit, sedangkan Honda Verza sebanyak 10.519 unit."
Sekarang kita lanjut bahas tentang spesifikasi saja gan...

Spesifikasi Honda CB150R StreetFire

Saya kasih penjelasan tentang spesifikasi Honda CB150RStreetFire pakai gambar saja ya biar lebih mudah dipahami.

spesifikasi

Gimana gan gambar saya? atau jangan-jangan justru malah membingungkan. Maaf deh saya memang malas belajar photoshop. Tapi ok lah saya akan coba menjelaskan satu persatu dari spesifikasi di atas.

Tapi sebelum menjabarkan spesifikasi secara lebih detail, saya ingin ngasih tau dulu apa saja fitur-fitur andalan Honda CB150R StreetFire. Khusus buat yang belum tau saja ya, kalau untuk pembaca yang sudah tau bagaimana? Ya kalau tulisan saya ada yang salah, mohon dikomentari kesalahannya di mana. Saya ini hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari dosa, khilaf  dan bla bla bla. #Loh loh kok jadi curhat?!

Fitur Andalan Honda CB150R StreetFire

Mesin 150cc, 4 Langkah, DOHC, 4 Katup, PGM-FI, 6 Kecepatan

kelebihan
Fitur andalannya yang pertama adalah Mesin 150cc, 4Langkah, DOHC, 4 Katup, PGM-FI dan 6 Kecepatan.

Mesin 150cc
mesin 150cc
Bener gan kita sering banget dengar tentang itu : motor ini sekian cc, motor itu sekian cc. Ok, cc sendiri adalah singkatan dari centimeter cubic, yaitu sebuah satuan untuk mengukur volume / ruang. Pada mesin motor, ukuran cc ini mengacu pada silinder yang ada di dalam mesin. Jadi kalau di situ tertulis 150cc berarti ukuran volume silinder pada mesin tersebut adalah 150cc. Gampang toh pengertiannya?!

Ya memang gampang sih kalau jelasin tentang ukuran gitu doang. Yang sulit adalah, menjelaskan tentang kombinasi antara silinder, piston, dan torsi. Tau gak kalau cc besar belum tentu motor larinya akan lebih kencang loh. Untuk kecepatan, dipengaruhi juga oleh torsi, yaitu momen putaran / puntir pada mesin.

Jadi dari ketiganya bisa dijadikan kombinasi begini gan : Silinder adalah sumber tenaga. Namun sumber tenaga biar ada efeknya harus digerakan oleh yang namanya piston. Kalau Piston semakin kencang bergeraknya, maka tenaga yang dihasilkan semakin kuat. Nah disinilah fungsi torsi itu, yaitu mengatur kencang / lambatnya piston tersebut.

4 Langkah
4 langkah
Kita-kita dan masyarakat sekitar biasa menyebutnya 4 takt. Jika dalam satu kali siklus "pembakaran" pada mesin mengalami empat langkah piston, ini berarti mesin tersebut adalah 4 takt. Lihat gambar di penjelasan DOHC berikut ini saja gan biar lebih paham.

DOHC, 4 Katup
DOHC 4 katupSingkatan dari DOHC yaitu: Double Over Head Camshaft. Masyarakat umum menyebutnya dobel kem ( pada noken as ). Jadi kalau DOHC berarti mempunyai dua kem. Lihat gambar di bawah gan biar lebih jelas.

Dalam setiap kem biasanya mempunyai 2 katup ( klep ). Jadi kalau DOHC mempunyai 2 kem, berarti total semuanya ada 4 katup dong hehe. Gampang lagi kan gan penjelasannya :p Fungsinya: 2 katup untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua nya lagi untuk mengatur keluaran gas buang.
dohc
  • Yang di tengah, namanya silinder
  • Yang bergerak-gerak namaya piston
  • Kalau dalam satu kali siklus pembakaran dalam mesin tersebut mengalami 4 langkah, itu yang disebut 4 takt
  • Sedangkan gaya gerak / momen puntir, inilah yang disebut torsi
  • Yang paling atas, ujung dua itu yang disebut Camshaf ( jumlah dua = DOHC )
DOHC 4 KatupLoh-loh katanya katupnya ada 4, kok di gambar cuma ada dua ? Oh, itu kan gambar dari samping gan. Kalau gambar dari atas, kaya gini nih penampakan 4 katup itu.

Dengan lebih banyaknya kem dan katup, otomatis tenaga yang dihasikannya juga lebih kuat. itu sudah pasti !. Sebetulnya lebih boros bensin juga loh. Namun Honda CB150R StreetFire ini kan dilengkapi oleh PGM-FI yang fungsinya adalah untuk menekan konsumsi bahan bakar dan biar lebih ramah lingkungan.

6 Kecepatan
6 kecepatan
Iya gan, kebanyakan masyarakat umum menyebutnya dengan gigi. Sejauh ini yang saya tau tentang gigi sih untuk mengatur akselerasi. Kalau gigi 1 untuk mengurangi kecepatan namun menambah kekuatan mesin, sehingga digunakan pada saat menemui jalanan yang menanjak. Gigi semakin naik ( gigi 2,3,4 dst ) maka semakin ngebut. Nah Honda CB150R StreetFire sampai gigi 6 loh yang itu artinya adalah.....pasti sudah tau sendiri dong. Oh ya sistem pengoperan giginya adalah 1-N-2-3-4-5-6.


PGM-FI
PGM-FI
PGM-FI singkatan dari Programmed Fuel Injection. Maksudnya adalah suplai bahan bakarnya dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan-bakar dan oksigen secara tepat sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap kendaraan. Intinya adalah sistem ini gunanya untuk memprogram agar tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Jadi dengan adanya sistem ini berarti akan lebih hemat bahan bakar kan?! Ah gampang lagi penjelasannya.

Tidak hanya itu, PGM-FI juga menekan kadar emisi dari ruang bakar menjadi lebih ramah lingkungan. Sehingga bisa mencapai standar Euro -2. ( European Emission Standarts) tau sendiri kan gan, jaman sekarang hampir semua kendaraan bermotor ada tempelan label uji emisi seperti ini.
"Jadi kesimpulannya adalah Honda CB150R StreetFire dengan Mesin 150cc dan DOHC 4 katup akan menjadikan performa mesin yang melimpah. Sedangkan 6 kecepatan ( gigi ) akan menambah akselerasi yang responsif. Dan teknologi PGM-FI nya yang akan berperan untuk mengendalikan bahan bakar agar tetap irit serta ramah lingkungan."
***

New Innovative Truss Frame

    Ini mengenai rangka gan. Truss Frame biasa disebut juga sebagai Trellis. Diatas saya sudah sedikit menjelaskan tentang ini, yaitu sebuah rangka motor yang bentuknya seperti rangkaian pipa-pipa dan biasanya dipakai oleh motor-motor eropa kelas premium yang sudah terkenal mendunia. Kelebihannya adalalah menjaga mesin lebih aman, terutama pada saat jatuh. Penjelasan lebih detailnya apa ya....hmmm

    Oh ya meskipun bentuknya seperti rangkaian gitu tapi kita tidak bisa menambah atau mengurangi secara sembarangan loh. Mengurangi atau menambah rangkaian akan mempengaruhi kelunturannya. Nah di Honda CB150R StreetFire ini selain sudah dibikin berdasarkan perhitungan kelunturan tapi juga dilengkapi dengan sistem suspensi pro link. Kegunaanya? langsung saja baca di bawah berikut ini

    Pro Link Rear Suspension

    suspensi pro link
    Suspensi sendiri adalah komponen pada motor yang gunanya untuk menopang dan meredam guncangan agar tetap lembut meskipun pada jalanan yang tidak rata atau bahkan berbatu. Intinya empuk atau tidaknya sebuah tunggangan gan. Mengenai suspensi, kalau empuk memang sagat nyaman untuk laju kendaraan lambat, Namun, untuk  melaju kencang justru merasa seperti limbung loh.  Jadi sebaiknya gunakanlah suspensi yang bisa menyesuaikan di segala keadaan.

    suspensi
    Nah Pro Link Rear Suspension pada Honda CB150R StreetFire inilah jawabannya. Suspensi ini pintar loh, bisa menyesuaikan bobot penggunanya karena suspensi ini monoshock-breakernya tidak terikat langsung dengan swing arm. Jadi suspensi ini bisa memberi respon sesuai pada bobot yang diterima. Hebat kan? Mau menemui jalanan mulus kek, bergelombang kek , berbatu kek, sendirian kek, boncengan kek, agan gendut kek, kurus kek...tetep terobos saja gan, kita akan tetap nyaman dalam setip kondisi.

    Liquid Cooled with Auto Fan

      liquid cooled auto fan
      Karena sudah DOHC alias dobel kem, itu artinya motor ini juga membutuhkan pendingin yang prima untuk menstabilkan suhu panas mesin biar tetap bekerja maksimal dan tetap awet. Untuk alasan itu Honda CB150R StreetFire memakai pendingin liquid dan kipas yang otomatis.

      radiatorCara kerja pendingin ini adalah, silakan lihat gambar disamping. Sebuah radiator berisi cairan coolant. Cairan ini bisa menyerap panas khususnya di silinder head. Saat cairan ini sudah menjadi panas ( warna merah) akibat penyerapan panas dari silinder head, cairan ini dialirkan ke radiator. Di dalam radiator cairan ini mendapat penguapan sehingga cairan menjadi dingin kembali. Nah cairan yang dingin tersebut ( warna biru ) dialirkan kembali ke silinder head. Berputar teus-menerus begitu. Dan yang mengatur perputaran ini adalah thermostat. Thermostat secara otomatis akan membuka-menutup aliran sesuai berdasarkan suhu tertentu. Jadi kalau suhu mesin adem, ya tidak terjadi aliran dong.

      Sedangkan auto fan atau kipas otomatis biasanya akan bekerja jika ada sensor ( sensor panas ). Jika mesin telah mencapai suhu tertentu, barulah kipas ini akan bekerja. Gunanya, jika di jalanan sedang macet, nggak perlu khawatir karena ada supply udara dari auto fan yang mendinginkan radiator.

      Nah itu gan 4 fitur andalan Honda CB150R StreetFire. Canggih, mantap tapi tetap ramah lingkungan kan. Ok sesuai janji saya di atas, kita akan melanjutkan pembahasan lebih lanjut tentang spesifikasi.

      Pembahasan Lebih Lengkap Tentang Spesifikasi

      Dimensi
      Dimensi di sini meliputi panjang kali lebar kali tinggi, bobot, jarak sumbu, dan lain sebagainya. Menurut saya, ukuran motor ini adalah pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Motor ini memang didesain sebagai motor balap untuk ngebut di jalanan perkotaan. Jadi, kalau misalkan jalanan sedang macet, kaki kita tidak keberatan menyanggah (bobotnya sekitar 129 Kg), jika kondisi sedang padat merayap masih bisa nyelip sana-sini. Dan jika jalanan sedang lengang, kita bisa wusssshh....ngebut !

      dimensi

      Sedangkan tinggi jok, cukup lah untuk standar orang Indonesia. Kalau orangnya kebetulan berbadan bongsor, bisa kelihatan makin gagah loh. Kapasitas tangki sebagai penampung bahan bakar bisa memuat 12 liter. Sangat bisa untuk berpergian jauh tanpa takut kehabisan bensin di tengah jalan di tempat yang jarang Pom Bensin, apalagi kalau kita mengingat tentang keiritan konsumsi bahan bakarnya, wuih jadi adem di hati.

      Mesin
      Tentang mesin DOHC sudah dijelaskan diatas secara lengkap. Oper gigi dll juga sudah. Yang belum tinggal ini ya gan :
      • Tipe Starter : Kick Starter dan electrik starter
        Barusan saya  buka kamus bahasa inggris, kata kick artinya tendang. Jadi kick starter adalah starter yang ditendang-tendang gitu deh :D...Saya dalam bahasa jawa menyebutnya sih "dogleng" hehe. Sedangkan Elecktrik Starter, ya berarti starter yang cukup pencet saja. ( ini sih penjelasan yang saya yakin sudah diketahui oleh semua pembaca, harusnya tidak perlu hehe )
      • Tipe Kopling : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs ( saya yakin agan juga sudah tau ini. Jadi tidak perlu dijelaskan lagi ya...)
      • Kapasitas Minyak pelumas : 1 liter pada Pergantian Periodik.
      Rangka
      Tipe rangka Truss Frame sudah dijelaskan di atas. Suspensi belakang yang menggunakan Sistem pro link juga sudah. Hmm, yang belum tinggal ini ya :

      • Ukuran Ban Depan dan  Ban Belakang
      Ban depan berukuran 80/90 – 17 M/C 44P  dan belakang berukuran 100/80 – 17 M/C 52P, keduanya sama-sama tubless.

      Bro, ukuran ban dengan kode angka-angka begitu, gimana tuh bro pengertiannya ? Bagus gan, ini penting juga untuk diketahui oleh kita-kita. Siapa tau suatu saat kita butuh beli ban, jadi kita sudah tau dulu ukuran ban yang sesuai dengan motor kita. Lihat gambar berikut ini gan sebagai penjelasannya.

      cara membaca / memahamai kode ban motor

      Cukup jelas kan gan gambarnya ?! Sedangkan kalau ban tubeless sudah tau kan ? Itu loh ban yang dibuat sedemikian rupa agar tidak membutuhkan ban dalam.

        • Tipe Rem Depan dan Rem Belakang
        Rem depan dan belakang keduanya sama-sama menggunakan jenis rem cakram hidrolik gan. Bedanya kalau yang depan pistonnya ganda sedangkan yang belakang menggunakan piston tunggal.

        Bro, jelasin tentang rem hidrolik juga dong biar lebih lengkap sekalian. Ok deh jadi rem hidrolik itu adalah merupakan rem yang cara kerjanya menggunakan/ memanfaatkan cairan hidrolik sebagai media penghantar untuk memindahkan atau perubahan daya. Dengan rem ini bisa menghasilkan daya yang lebih besar dari daya yang dikeluarkannya loh.

          • Suspensi Depan
          Mengenai suspensi, Honda CB150R StreetFire mengunakan suspensi depan berjenis teleskopik, yang bentuknya seperti garpu itu loh gan. Dijepitkan pada steering yoke dan komponen utamanya menggunakan pegas dan minyak.
            Kelistrikan
            • Tipe Baterai      :  MF 12 V 5,0 Ah
            • Tipe Pengapian  :  Full Transisterized
            • Tipe Busi           :  NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9

            Referensi
            • Kecepatan Maksimin  *Badan Menunduk *    : 122 Km / Jam
            • Akselerasi  *Standing Start 0 - 200 m*           :  10,6 detik
            • Konsumsi Bahan Bakar *Metode ECE R40*  :  36 Km / Liter

            Sudah puas belum gan? Bahas profil sudah, fitur andalan sudah, spesifikasi juga sudah. Sekarang agan mau minta bahas apa lagi nih...Karena Honda CB150R StreetFire sebetulnya masih banyak lagi loh fitur2-fitur tambahan lainnya. Kalau mau, ok deh  saya lanjutin pembahasannya,

            Fitur Tambahan Lainnya Pada Honda CB150R StreetFire

            • Magnetic Key Shutter
            lock

            Lihat gambar di atas tuh, ada tiga buah sistem pengaman yang digunakan oleh Honda CB150R StreetFire. Cover lever, Magnetic cover dan Key hole. Pokoknya bener-bener aman deh. Gak perlu merasa was-was akan tindakan curanmor karena dengan sistem penguncian ini, motor tidak akan mudah dicuri.

            • Automatic Headlight ON
            automatic headlight on

            Menyalakan lampu depan motor di jalan raya, meskipun pada siang hari sudah termasuk peraturan undang-undang, khususnya di Jakarta. Kalau lupa, bisa kena tilang kan ? Nah Honda CB150R StreetFire ini lampu depannya sudah otomatis menyala saat kunci kontak dimasukan dan diputar ke posisi ON meskipun mesin belum dihidupkan. Jadi bagi yang pelupa, pasti tetap aman deh.

            • Digital Speedometer
            speedometer

            Pada Speedometernya ada tampilan analog dan digitalnya juga gan. Mantap kan ? Lihat tuh dengan background warna putih yang menjadikan mudah dibaca, bagian digitalnya pun menampilkan informasi yang lengkap, seperti : speed, odometer, trimeter, digital clock / jam, dan fuel meter.

            • Bank Angle Sensor ( Bas)
            bank angle sensor

            Misal gan, seseorang sedang berkendara dan hilang keseimbangan kemudian posisi jadi miring dalam sudut 60 derajat selama lima detik, maka Bank Angle Sensor ini akan bekerja otomatis, ECM/ECU akan menghentikan kerja dari Fuel Pump, Injector, dan Ignition Coil. Dengan begini memungkinkan mesin dalam keadaan mati saat pengendara terjatuh. Funsinya, ya untuk meminimalisir kecelakaan dong. Bila akan menghidupkan motor kembali, putar kunci kontak ke posisi OFF, kemudian rubah ke ON untuk melakukan reset.

            • Sprocket Chain Stopper
            chainSprocket chain stopper fungsinya adalah dalah penghalang agar mencegah roda terkunci ketika rantai lepas dan masuk ke dalam as roda. Jadi sendainya tiba-tiba rantai putus kita tidak takut akan jatuh.


            Saya rasa sudah cukup deh gan penjelasan spesifikasi dan fitur. Kalau urusan warna, menurut saya sih itu tergantung selera saja. Baik yang putih, biru, merah, atau hitam, dalamannya sama saja kok. Tapi kalau menurut agan warna itu penting, ok deh saya akan kasih penampakan dari warna-warna yang tersedia,,,ya ya bagaimana pun selain bentuk / model, warna adalah bagian paling luar yang tampak jika dilihat oleh mata.

            Varian Warna Honda CB150R StreetFire

            varian

            Gimana gan, penentuan warna yang agan mau beli sudah apa belum? Kalau sudah, nih saya kasih tau harganya Rp22.350.000,-

            Loh kok agan pergi, mau kemana? Tunggu dulu gan, jangan buru-buru meluncur ke dealer. Artikel ini belum selesaeeee !!! Saya ingetin dulu tentang layanan purna jual yang diberikan oleh honda, siapa tau agan lupa hehe

            Agan akan mendapatkan Servis Gratis dan Garansi :
            • Servis gratis berkala diberikan hingga servis ke-4.
            • Pada servis pertama juga diberikan oli mesin gratis. 
            • Garansi mesin selama 3 tahun atau 30.000 km.
            • Garansi rangka dan kelistrikan selama 1 tahun atau 10.000 km, 
            • Garansi komponen sistem PGM-FI  selama 5 tahun atau 50.000 km.
            Ya sudah gan, artikel ini sudah selesai. Silakan saja kalau mau pergi meluncur ke dealer. Saran saya cuma satu, yaitu tetap hati-hati dan tetap patuhi aturan lalu lintas di jalan ya.
            prev next home
             
            © 2015 bumirejo.com
            Original designed by Thiết Kế